Fakta Kuda Laut Pasifik, Spesies Sedang Ditengah Kepunahan

Fakta Kuda Laut Pasifik, Spesies Sedang Ditengah Kepunahan

Kuda laut pasifik memiliki nama ilmiah yaitu, Hippocampus Ingen dengan arti spesies terbesar dari 50 kuda laut lainnya. Sesuai dengan nama nya, hewan ini berkembang di Pantai Samudera Pasifik Timur. Spesies ini, bisa di temukan di negara Kolombia, Meksiko, Panama, Amerika Serikat, hingga di Australia. Mereka hidup di, dekat terumbu karang, teluk, padang lamun, di kedalaman 3-18 meter. Berikut simak, fakta kuda laut pasifik,spesies sedang Ditengah kepunahan.

Berikut Fakta Kuda Laut Pasifik, Spesies Sedang Ditengah Kepunahan

 1. Fisik Kuda Laut Pasifik

Kuda laut pasifik, mempunyai leher yang panjang dan melengkung dengan tubuh yang memiliki banyak warna mulai dari hitam, merah, kuning, abu-abu, cokelat, dan hijau. Panjang nya sekitar 30 cm, untuk betina memiliki bercak hitam pada bagian bawah sirip dubur nya, sementara jantan memiliki lunas besar di dada nya.

 2. Berkamuflase Untuk Mengincar Mangsa Dan Menghindar Dari Predator

Spesies ini memiliki keahlian dalam mengintai yang andal, hewan ini tidak harus mencari makanan karena dengan cara berkamuflase dia hanya menunggu mangsa. Pada saat mengincar mangsa, dengan mulut nya yang panjang menghisap mangsa dengan cepat. Mangsa mereka adalah plankton, dan krustasea. Dengan berkamuflase, juga bisa melindungi diri dari predator seperti, bulu babi, kepiting, ikan pari, tuna sirip, dan dorado.

5 Fakta Kuda Laut Pasifik, Hewan Laut yang Terancam Punah
5 Fakta Kuda Laut Pasifik, Hewan Laut yang Terancam Punah

 3. Ritual Unik Saat Reproduksi

Saat reproduksi, ada berbagai cara unik yang di lakukan yaitu menyentuh kepala langkah awal sebagai tanda pacaran. Kemudian, tarian pacaran pun di lakukan oleh sepasang kuda laut pasifik ini selama 8 jam. Pada betina, memindahkan telur-telur ke kantong induk si jantan. Si jantan, mampu menyimpan telur hingga berminggu minggu. Si jantan mampu mengerami 2.000 telur, dalam beberapa kali di satu musim kawin. Anak yang keluar satu per satu, hingga memakan waktu berjam jam. Bayi kuda laut yang baru lahir, sepanjang 7 mm terbentuk sempurna.

Baca Juga : Kima Laut Yang Dilindungi

 4. Berbagai Ancaman yang Di Alami Kuda Laut

Ancaman yang di alami nya adalah, ancaman eksternal dengan menangkap ikan secara liar dapat merusak habitat mereka. Terbukti, sekitar 10 juta ekor kuda laut dijual setiap tahun nya untuk obat tradisional China. Berfungsi sebagai, penghilang rasa sakit, sampai induksi persalinan. Juga di gunakan untuk, akuarium dan barang antik. Lebih dari 1 ton, kuda laut kering dijual demi kepentingan bisnis kerajinan sampai perhiasan. Mereka per dagangkan, kuda laut ke wisatawan lokal dan di ketahui Meksiko dan Peru eksportir kuda laut pasifik terbesar.

 5. Usaha Pelestarian Kuda Laut Pasifik

Di laporkan dari, Animal Diversity, untuk melakukan perlindungan terhadap hewan ini dengan metode Konservasi. Contohnya, di meksiko hewan ini di masukkan dalam kategori di lindungi khusus. Dalam kategori, pelindungan terumbu karang di lakukan di Panama. IUCN menjelaskan bahwa, spesies kuda laut pasifik terancam punah berkisar hidup kuda laut pasifik bervariasi bergantung pada kondisi lingkungan 3-5 tahun.