Bintang Laut Sebagai Biota Laut, Karena Keindahan Nya

Bintang Laut Sebagai Biota Laut

Bintang laut adalah salah satu spesies dari kelas Asteroidea, dan merupakan kelompok Echinodermata. Meskipun hewan ini hidup di laut dan bernafas dengan insang hewan ini tidak termasuk ke dalam jenis ikan. Hal ini karena mereka tidak memiliki sisik dan sirip jika ingin menggerakkan mereka menggunakan kaki tabung mereka. Mereka disebut sebagai biota laut yang indah dan memiliki banyak macam warna, ukuran, serta bentuk. Namun kebanyakan dari mereka memiliki bentuk seperti bintang hewan ini memiliki tubuh yang halus dengan duri-duri di atas permukaan badan yang lembut, Berikut jenis-jenis dan ciri-cirinya agar mudah untuk mengenalinya.

Jenis-jenis Bintang Laut

1. Brisingid

Brisingid adalah sebutan untuk mereka yang tergabung dalam ordo bringsida dan terdiri dari 70 spesies. Jumlah tangan mereka lebih dari 5 buah bisa mencapai 16 buah, dan mereka menggunakan tangan nya untuk menangkap mangsanya.

2. Morning Sun Star

Jenis yang satu ini memiliki antara 8 sampai 16 tangan, memiliki ukuran yang cukup besar bisa mencapai 50 cm. Merupakan predator yang bisa bergerak sangat lincah di dasar laut untuk menangkap mangsanya.

3. Bunga Matahari

Merupakan spesies dengan jumlah tangan terbanyak bisa mencapai 24 tangan. Mereka juga merupakan spesies terbesar dengan diameter mencapai 1 meter dan berat hingga 5 kg.

4. Midgardia xandaros

Merupakan spesies dengan mempunyai diameter yang besar yaitu bisa mencapai 1,38 meter. Spesies ini hidup di teluk meksiko dan masih termasuk spesies dari bringsid.

5. Patiriella Parvivipara

Spesies ini merupakan spesies terkecil di dunia, hanya memiliki diamter 1 cm saja dan jumlah tangan mereka biasanya 6 pasang. Merupakan hewan endemik Australia bagian selatan.

6. Patrick Star

Mereka memiliki ukuran yang cukup besar bisa mencapai diameter 60 cm dan berat nya 900 gram. Mereka adalah pemakan moluska bercangkang seperti kerang, dan cacing tabung.

7. Bintang Laut Bantal

Mempunyai  tangan yang berukuran pendek dan tebal sehingga membuat mereka terlihat seperti bantal. Memiliki diameter hingga 25 cm dan dapat ditemukan di laut indonesia.

Ciri-ciri Bintang Laut

  1. Tidak semua bintang laut memiliki lima lengan, ada juga dari mereka yang memiliki 10, 15, 20 hingga 40 lengan.
  2. Berkembang biak dengan cara bertelur, mereka melepaskan telurnya ke laut menggunakan lengannya. 
  3. Bintang laut tidak memiliki otak. Meski begitu, hewan ini mempunyai saraf di setiap tangan sehingga bisa menyentuh, mencium, dan merasakan benda-benda.
  4. Kebanyakan dari mereka merupakan predator yang memakan kerang. Hewan ini akan membuka cangkang kerang dan menghisap nya dengan kuat.
  5. Mulut nya terletak di bagian bawah, makanan diambil ke dalam mulut yang terletak di bawah permukaan laut.
  6. Anus bintang laut terletak di bagian atas.
  7. Memiliki kemampuan autotomi, memutuskan lengan nya jika terancam bahaya.
  8. Bintang laut tidak memiliki arah.
  9. Termasuk hewan invertebrata, yaitu hewan yang tidak memiliki tulang belakang.
  10. Permukaan tubuh nya ditutupi oleh duri-duri tumpil
  11. Tubuh mereka berwarna hijau tua, biru, ungu atau campuran dari warna-warna tersebut.

Kunjungi Juga : Pengendalian Hama Wereng Pada Tanaman Padi