Penyu Hijau, Terancam Punah Karena Penyeludupan Ilegal

Penyu Hijau,Terancam Punah Karena Penyeludupan Ilegal yang masih sering di lakukan hingga saat ini. Kehidupan mereka tidak aman dan tidak terlepas dari jeratan perburuan liar, pencurian telur, serta perusakan habitatnya. Bali merupakan pulau yang memiliki banyak pantai dengan begitu banyak penyu yang sering singgah disana untuk bertelur. Namun, hal itu justru membuat para pemburu liar banyak mengambil Penyu hijau secara ilegal disana.

Berikut beberapa fakta unik tentang Penyu Hijau

Habitat asli Penyu Hijau :

Penyu Hijau dapat di temukan di beberapa bagian Indonesia yakni :

Penyu Hijau, Terancam Punah Karena Penyulupan Ilegal
Penampakan Penyu Hijau Di perairan NTT
  • Bagian Barat meliputi : Bangka Belitung, Riau, Sumatera Barat, dan Aceh
  • Bagian Tegah meliputi : Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur, Karimun Jawa, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kepulauan Seribu.
  • Bagian Timur meliputi : NTT, NTB, Maluku, Papua dan Bali

Ciri – Ciri Penyu Hijau :

Penyu Hijau, Terancam Punah Karena Penyulupan Ilegal
Detail Corak Penyu Hijau
  • Berat badan mencapai 100 sampai 190 kg, akan tetapi bisa lebih besar jika mereka hidup di alam bebas yang sehat.
  • Bagian struktur cangkang nya berwarna putih
  • Pelat atau sisik penyu ini berjumlah sama
  • Bentuk kepala nya yang agak kecil dan tumpul
  • Ukuran panjang tubuh penyu keseluruhan ketika dewasa adalah 85 – 114 cm
  • Kerapas penyu ini sangat unik dan lebar, yang berwarna kuning kehijauan sementara pinggir kerapas nya berwarna putih.

Klasifikasi :

Spesies : Chelonia mydas
Famili : Cheloniidae
Genus : Chelonia
Kelas : Reptila
Kingdom : Animalia
Ordo : Testudines

Penyu Hijau Bisa Menahan Nafas Sangat Lama

Pada umum nya spesies langka ini ialah reptil bukan hewan laut seperti ikan yang memiliki insang. Namun ia dapat menahan nafasnya di dalam air hingga berjam – jam lamanya, bahkan ia juga bisa tertidur di dalam laut sampai 4 – 7 jam.

Satu Satunya Penyu Yang Memakan Tumbuhan

Walaupun ia tergolong di kelas Reptil, tetapi penyu hijau tidak seperti teman sejenisnya yang lain. Kalau biasa nya Reptil itu Karnivora, beda dengan Reptil yang satu ini ia memakan alga laut dan lamun. Namun untuk di waktu tertentu ia juga memakan kepiting, ubur-ubur, juga spons. Itu terjadi di saat mereka mengalami fase tukik, mengkonsumsi nya agar pertumbuhan mereka lebih cepat.

Bertelur Di Tempat Mereka Lahir

Kematangan usia bagi spesies ini ada ketika ia berumur 20 tahun. Disaat para penyu dewasa ia akan kembali ke pantai atau tempat lahir nya mereka untuk bertelur. Mereka berenang menggunakan medan magnet bumi sebagai pemandu jalan mereka kembali ke tempat lahirnya.

Bayi Penyu Hijau Di Pantai Aceh

Penyu Lahir Tidak Berjenis Kelamin

Fakta uniknya lagi adalah ketika telur penyu menetas bayi penyu tidak mempunyai jenis kelamin. Jenis kelamin mereka di tentukan oleh suhu sekitar nya. Nah jika suhu alam panas maka yang lahir adalah bayi berjenis kelamin betina, dan jika bersuhu akan menjadi bayi penyu jantan.

Penyebab Turunnya Populasi Spesies Ini

Belakangan ini beberapa aktivitas manusia masih saja banyak yang mengancam kelangsungan hidup penyu berikut beberapa penyebab turunnya populasi penyu hijau :

  • Perburuan liar, ini adalah faktor utama nya manusia masih sangat sering memburu spesies ini untuk di perjual belikan organ tubuhnya. Bagian tubuh nya seperti karapas atau pelindung tubuh, daging nya untuk dimakan, juga telur nya yang dipercaya untuk menjadi obat suatu penyakit.
Penyeludupan 30 ekor Penyu Hijau Yang Berhasil Di Amankan Polisi (Bali)
  • Telur Penyu tidak menetas semua, nah ini juga salah satu faktor besarnya telur telur penyu sering kali di curi oleh manusia. Mereka di mangsa oleh predator buas salah satunya biawak juga sering memakan telur penyu. Maka dari itu penting nya untuk masyarakat sekitar pantai untuk mengawasi telur telur ini agar aman sampai menetas.
  • Berkurang nya pasir di sekitar pantai tempat penyu bertelur, pada umum nya saat ini banyak sekali area pasir sekitar pantai yang di bangun menjadi resort atau hotel. Semakin banyak nya pembangunan yang di lakukan manusia di sekitar pantai, semakin berkurang juga tempat penyu bertelur.
  • Berkurang nya ketersediaan makanan, makanan pokok dari Penyu hijau tumbuhan seperti Lamun. Dan saat ini ladang lamun di lautan kian menipis sulit bagi penyu untuk bertahan di habitat yang kurang ladang makanan.
  • Sampah plastik di lautan, kotor nya air laut berdampak buruk bagi si penyu karena banyak penyu yang mati akibat termakan sampah plastik. Maka dari itu perlu kita sadari untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan laut.
Penyu Hijau Di Temukan Penyelam Dalam Keadaan Terluka Dan Memakan Sampah Plastik

Baca juga : Tahapan Menanam Bunga Matahari Dirumah

Penyu Hijau termasuk salah satu hewan dari zaman purbakala yang masih ada hingga saat ini, adanya penyu membuat ekosistem laut semakin baik. Namun kurang nya kesadaran manusia membuat kelangsungan hidup mereka diambang kepunahan. Maka dari itu di harapkan untuk kita saling melindungi dan menyelamatkan makhluk hidup.